HASIL DRAWING LIGA CHAMPION QUARTER FINAL 2016- 2017 | ATL MADRID VS LEICESTER * DORTMUND VS MONACO * BAYERN MUNICH VS REAL MADRID * JUVENTUS VS BARCELONA | HASIL DRAWING LIGA EROPA QUARTER FINAL 2016- 2017 | ANDERLECH VS MAN UNITED * CELTA VIGO VS RACING GENK * AJAX VS SCHALKE * LYON VS BESIKTAS |

SKYSPORTSINDO | BERITA BOLA TERKINI | BERITA OLAHRAGA | KEBANGGAAN INDONESIA MENJALANI DEBUT PERTAMANYA DI F1 AUSTRALIA


Skysportsindo.com - Rio Haryanto merupakan salah satu pembalap yang sukses di kancah dunia. Kini namanya semakin melejit setelah sukses menembus dunia balap F1 yang sebelumnya hanya berada di ajang GP2.

Rio Haryanto merupakan satu-satunya pembalap asal Indonesia yang sukses menembus ke peringkat tertinggi dalam dunia balap Formula 1. Pembalap yang lahir pada 22 Januari 1993 asal Surakarta ini akan menjalani debut pertamanya di F1 Australia esok hari 20 Maret 2016/Minggu.

Saat ini Rio disebut banyak pihak sangat berpotensi menjadi bintang masa depan Asia di ajang F1 khususnya Indonesia. Mnegawali karirnya sebagai pembalap Go-kart pada tahun 2002 dan berhasil menjadi juara nasional kelas kadet, kemudian pada tahun 2005 dia mendapat penghargaan dari Ikatan Motor Indonesia ( IMI ) sebagai atlet Gokart junior terbaik. Rio berada didunia balap Gokart dari tahun 2002-2008.

Kemudian pada tahun 2008, Rio Haryanto mencoba peruntungannya di Asia dengan bergabung di ajang balap Formula Asia. Karirnya cukup sukses, untuk karirnya di kancah Asia tersebut sebagai pendatang baru dia menyabet posisi ketiga dengan poin 121. 

Sebelum sukses masuk ke GP Formula 1 dengan bendera Manor Mercedes, Rio meraih hasil terbaiknya di GP 2 dengan peringkat keempat pada tahun 2015. Memiliki prestasi yang cukup cemerlang dan merupakan salah satu potensi bangsa Indonesia, Keputusan untuk mengikuti ajang F1 tidaklah semudah yang dibayangkan.

Untuk mengikuti kejuaraan F1 Rio Haryanto harus menggelontorkan dana sebesar 15 juta Euro atau 226 Milliar agar bisa bergabung dengan tim Manor Mercedes Racing. Disinilah peran negara sangat dibutuhkan untuk mengembangkan bakat anak bangsanya.

Setelah bantuan dari Pertamina sebesar 5 Juta Euro,Rio dan tim masih kekurangan dana agar bisa melanjutkan karirnya di ajang F1,kemudian, melalui tim dan management Rio Haryanto, mereka mencoba menghubungi pemerintah melalui Kemenpora, Gubernur DKI Jakarta sampai pengusaha kenamaan Indonesia Sandiago Uno agar bisa membantu masalah dana tersebut.

Setelah penantian panjang, akhirnya pada 18 Februari 2016, Tim Manor Mercedes mengumumkan nama Rio Haryanto menjadi salah satu pembalap yang akan berkarir di F1 musim 2016 dan menjadi partner dari salah satu pembalap lainnya asal Jerman Pascal Wehrlein.


Rio Haryanto akan menjalani debut pertama F1 ajang balap paling bergengsi dunia di sirkuit Albert Park,Australia. Sirkuit Albert Park ini pada dasarnya adalah jalan raya di Melbourne, Australia. Panjang lintasan sirkuit ini adalah 5303 KM dan para pembalap akan bersaing dalam 58 kali putaran.

Berikut skema sirkuit Albert Park, Melbourne yang akan menjadi sirkuit pertama bagi pembalap kebanggaan Indonesia Rio Haryanto.


Kini Rio telah menjadi salah satu pembalap asal Indonesia di ajang balap paling bergengsi di dunia. Selamat berjuang Rio Haryanto, harumkan nama bangsa dan negara kita.